May 2, 2009

Tip memelihara & merawat hamster


comel kan?

1.Kandang


Kandang hamster berukuran minima 35 x 40 cm untuk seekor hamster. Semakin besar kandang semakin baik. Jika Anda menggunakan kandang berjeruji besi, perhatikan jarak antar jeruji apakah bagus dan cukup rapat untuk hamster Anda. Hamster boleh ‘mengecilkan’ tubuhnya, membuatnya pipih dan kemudian menggembungkannya lagi. Daya elatik hamster ini patut dipertimbangkan. Di pasaran sekarang terdapat pelbagai bentuk rumah diperbuat daripada plastik yang boleh disambung-sambung untuk menambahkan keseronokan kepada hamster. Kita yang melihatnya juga pasti teruja.


ringkas jer yang biru ni. Tapi yang sebelah tu syok sikit. Meriah

2.Serbuk Kayu

Serbuk kayu yang senang didapati di 'petshop' kebiasaannya berwarna kentang dan mestilah bebas bahan kimia berbahaya. Tujuannya adalah untuk memastikan hamster dan kandang nya kering, bersih, bebas debu, lebih putih dan hal ini menjamin keselamatan hamster dan juga memperindah bulunya. Ketebalan serbuk hamster yang baik adalah sekitar 2-3 cm dari permukaan kandang.

kegunaan serbuk kayu

1.Sebagai alas tidur.
2.Sebagai media penyerap kencing hamster. Bayangkan jika tidak ada sesuatu yang menyerap kencing hamster! Air kencing yang berbau itu akan menempel di bulu hamster dan menghodohkan bulunya dan membuatnya berbau tak sedap!
3.Sebagai tempat berlindung dari panas dan dingin.
4.Sebagai bahan pembuat sarang. Sarang mereka berbentuk serbuk yang ditumpuk dengan lubang untuk tidur di tengahnya. Ibu hamster biasa meletakkan anak-anaknya dalam sarang ini!

3.Makanan Hamster

Makanan hamster yang kering seperti dedak, gandum, jagung kering dan paling disukai adalah kuaci. Beberapa jenis buah-buahan dan kacang-kacangan bisa diberikan seminggu sekali sebagai snack. Berikan dalam jumlah terbatas (sedikit sekali!) JIka diberikan dengan kerap dan berlebihan akan mengakibatkan ketidakseimbangan gizi, kerusakan pada sistem kencing, diare, dan kelainan pada proses kehamilan karena obesitas)

Beberapa makanan yang bisa diberikan sebagai snack kepada hamster: (Perhatian: Makanan ini hanya diberikan sebagai snack bukan makanan utama karena bisa mengakibatkan
apple,pir,pisang,Wortel
Jagung manis (pemberian dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan keguguran bulu
Kentang (harus direbus dulu)
Kacang tanah, Kacang kulit, Kacang mete,Kacang almond, Kacang kedelai
Roti tawar, Biskuit Cracker, Oatmeal & Corn Flakes

Makanan yang tidak boleh diberikan kepada hamster:
Lada, kangkung dan seluruh sayuran hijau lainnya (Cai sim, bayam, kai lan, dll)
Jeruk dan semua bangsa citrus,cokelat, makanan yang telah diberi bumbu

Berikut beberapa kesalahan yang sering dibuat oleh pemilik hamster pemula:

1.Memberi makan sayur, wortel atau jagung segar sebagai menu makanan utama. Percayalah hal ini hanya akan merugikan Anda! Pencernaan hamster tidak sesuai untuk mencerna makanan-makanan yang mengandung kelembaban tinggi seperti ini.

2.Membeli tambahan biji bunga matahari atau kuaci sebagai makanan tambahan. “Hamster saya sangat tergila-gila dengan biji bunga matahari dan kuaci, selain itu mereka tidak mau makan yang lainnya.” Percayalah, ini hanya kebiasaan yang akan merosakkan hamster. Biji bunga matahari dan kuaci adalah salah satu makanan yang mudah disukai oleh hamster tapi pemberian dalam jumlah besar akan mengakibat beberapa hal diantaranya: obesitas, kurangnya kalsium sehingga pertumbuhan tulang dan gigi menjadi terhambat, kelainan dalam proses kelahiran (ini disebabkan oleh kandungan lemak yang terlalu tinggi pada biji bunga matahari)dan kelainan pada proses kelahiran. Kelainan ini membawa kepada keguguran bayi-bayi hamster.

3.Pemberian susu cair untuk manusia pada hamster. Beberapa orang melakukan ini dan mereka mengeluh kalau bulu hamster mereka menjadi tipis dan gugur. Susu untuk manusia diformulasikan untuk manusia jadi lebih baik jangan diberikan ke haiwan. Gunakan susu khusus untuk hamster! Itu jauh lebih baik…

4.Memberikan snack terlalu banyak. Snack sebaiknya diberikan hanya seminggu sekali, jika terlalu kerap. Pemberian snack terlalu kerap akan mengakibatkan ketidakseimbangan gizi yang sebenarnya telah ditimbang dan dipelajari secara khusus oleh para ahli yang telah meracik makanan hamster. Sesuaikanlah dengan sistem pencernaan hamster yang tidak boleh menerima makanan dengan tingkat kelembaban tinggi pilihlah snack yang ‘kering’ seperti kacang-kacangan, roti, biskuit, cereal dan lain-lain. Sedang untuk buah-buahan berikanlah seminggu sekali.

4.Botol Minum

Hamster perlu minum air! Botol khas dicipta supaya apabila hamster menolak bebola pada bekas minumannnya air pun keluar lalu diteguknya.

5.Mandian hamster.

hamster mempunyai pasir atau 'bathing sand' dan juga shampoo yang sesuai untuknya. Tujuannya adalah untuk mengekalkan kondisi kering dan kebersihan, mempastikan kesihatannya, membunuh bakteria, mengelakkan kerosakan terhadap respiratory system dan matanya. Juga boleh mengekalkan keguguran rambutnya dan masalah dermatology.

Berikutnya adalah hal-hal rutin yang harus dititik beratkan untuk memelihara hamster dengan baik:
1.Memberi makan hamster sehari 2 kali
2.Mencuci tempat makan setiap kali makanan diganti
3.Mengganti serbuk kayu dan mencuci kandang hamster seminggu sekali
4.Mengisi botol minum setiap kali airnya habis
5.Mencuci botol minum seminggu sekali
6.Memandikannya menggunakan pasir mandian 20 minit 2 kali sehari.

Berikut adalah perkara yang boleh menyebabkan kematian hamster:

1.Hamster dijemur dibawah sinar matahari. Hamster adalah binatang nocturnal. Mereka adalah binatang malam. Di alam liar mereka tidur sepanjang siang hari dalam lubang mereka yang bisa mencapai kedalaman 10 – 20 meter dibawah permukaan tanah dan baru keluar pada malam hari untuk mencari makan. Mereka tidak perlukan sinar matahari keterlaluan. Sedikit saja cukup… Tidak perlu sampai ‘dijemur’.

2.Hamster dimandikan dengan air. Hamster alah terhadap air dan kelembaban. Hamster berasal dari daerah gurun pasir yang kering. Jika hamster Anda sedang sehat dan dalam kondisi prima mungkin terkena air bukan masalah, tapi jika kondisinya sedang menurun terkena air boleh menyebabkan kematian bagi mereka. Hamster yang basah harus secepatnya dikeringkan atau mereka terserang selsema, kemudian pneumonia dan berakhir pada kematian.

3.Memisahkan induk hamster dari bayi-bayinya. Jangan memisahkan ibu dan bayi-bayinya karena bayi-bayi itu akan meninggal dengan segera karena kedinginan dan tidak mendapatkan air susu. Tapi jika hamster jenis 'syrian' elok dipisahkan anak dan induknya kerana hamster jenis ini pemakan anak. Awasi jika diletakkan bersama untuk tujuan mendapatkan air susu dari ibunya. Ada saranan yang menyuruh mengasingkan bapa hamster.

4.Hamster jatuh dari ketinggian. Jika hamster anda masih baru, cubalah untuk memegang hamster dalam posisi duduk jadi jika hamster anda jatuh tidak akan terlalu tinggi. Ini kesalahan yang paling sering dilakukan manusia. Hamster yang baru datang biasanya masih merasa asing dengan Anda dan dengan lingkungannya dan cenderung melompat secara tiba-tiba.


1 comment:

Anonymous said...

klau hamster uh x mndi ley mati x???

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...